Mengenal Fobia dan Cara Mengobati Fobia

liputan 69 - Mengenal Fobia dan Cara Mengobati Fobia - Fobia adalah rasa takut yang tidak beralasan. Fobia bisa dialami siapa saja mulai dari anak kecil hingga dewasa. Dengan mengenal seluk beluk fobia dan macam-macam fobia diharapkan bisa mengatasi atau mengobati fobia.

Ratusan jenis fobia yang berbeda telah diidentifikasi, termasuk phobophobia atau fobia ketakutan. Tapi ketika berbicara tentang fobia, yang merupakan jenis gangguan kecemasan, para ahli membagi mereka menjadi tiga kategori yaitu agoraphobia yang merupakan suatu kecemasan yang intens di tempat umum di mana melarikan diri mungkin sulit. fobia sosial : rasa takut dan menghindari situasi sosial, dan spesifik phobia yaitu ketakutan irasional objek atau situasi tertentu.

Agoraphobia: Takut Tempat Umum : Agora sebenarnya adalah sebuah tempat pasar dan pertemuan di Yunani kuno. Seseorang dengan agorafobia takut terjebak di tempat umum atau tempat seperti jembatan. Rasa takut yang sebenarnya adalah tidak mampu untuk melarikan diri jika kecemasan terlalu tinggi. Agoraphobia mempengaruhi dua kali lebih banyak pria dan wanita. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan seseorang menjadi tinggal di rumah.

Fobia Sosial : Takut Kesendirian : Seseorang dengan fobia sosial tidak hanya merasa malu malu. Orang itu merasa sangat gelisah dan ketakutan tentang bagaimana ia akan tampil dalam situasi sosial. Akankah tindakannya tampak tepat untuk orang lain? Apakah orang lain dapat memberi tahu dia cemas? Apakah kata-kata yang tepat ketika berada di sana dan ketika saatnya untuk bicara? Jika fobia sosial tidak diobati, bisa menyebabkan seseorang menghindari kontak sosial dan dapat memiliki dampak negatif yang besar pada hubungan seseorang dan kehidupan profesional.

Claustrophobia: Ketakutan diruang tertutup
: Claustrophobia, yaitu ketakutan abnormal berada di ruang tertutup yang merupakan fobia spesifik umum. Seseorang dengan claustrophobia akan merasa sangat cemas ketika naik lift atau melewati terowongan. Takut mencekik atau menjadi terperangkap, orang akan menghindari ruang yang ketat dan sering terlibat dalam "perilaku safety mencari," seperti membuka jendela atau duduk di dekat pintu keluar. Itu mungkin membuat situasi ditoleransi, tetapi tidak mengurangi rasa takut.

Zoophobia: Takut Hewan : Jenis yang paling umum dari fobia spesifik adalah Zoophobia atau takut hewan. Zoophobia sebenarnya adalah sebuah istilah umum yang mencakup sekelompok fobia yang melibatkan binatang tertentu. Contohnya termasuk Arachnofobia yaitu takut laba-laba, ophidiophobia : takut ular, ornithophobia : takut burung, dan apiphobia : takut lebah. Fobia seperti itu sering berkembang di masa kecil dan kadang-kadang akan hilang seiring bertambahnya usia. Tapi mereka bisa bertahan sampai dewasa.

Brontophobia: Takut Guntur
: Kata Yunani bronte berarti guntur dan Brontophobia berarti takut petir. Walaupun orang dengan Brontophobia mungkin menyadari petir tidak akan menyakiti mereka, mereka mungkin menolak untuk pergi ke luar saat badai. Mereka bahkan dapat menyembunyikan diri mereka di dalam ruangan dengan meringkuk di belakang sofa atau di dalam lemari.

Acrophobia: Takut Ketinggian : Acrophobia adalah ketakutan berlebihan karena ketinggian dan bermanifestasi sebagai kecemasan yang parah. Seseorang bisa saja mengalami serangan hanya dengan berjalan menaiki tangga. Kadang-kadang rasa takut begitu besar yang memmbuat seseorang tidak bisa bergerak. Acrophobia dapat menciptakan situasi berbahaya bagi seseorang yang memilikinya. Serangan kecemasan dapat membuat sangat sulit untuk aman ketika turun dari tempat tinggi apapun.

Aerophobia: Takut Terbang : Fobia ini umumnya berkembang setelah seseorang memiliki pengalaman traumatis yang melibatkan pesawat, seperti pergi melalui turbulensi ekstrim atau menyaksikan penumpang lain mengalami serangan panik. Bahkan setelah insiden tersebut dilupakan, rasa takut tetap terjadi dan bahkan dapat dipicu hanya dengan menonton film kecelakaan pesawat di TV. Hypnotherapy biasanya digunakan untuk mengidentifikasi trauma awal dan untuk mengobati fobia ini.

Fobia Darah/Injeksi/Cedera :
Ada spektrum darah, injeksi, dan fobia cedera termasuk hemophobia (takut darah) dan trypanophobia (takut menerima injeksi). Beberapa orang memiliki fobia cedera, dan lain-lain memiliki fobia tentang prosedur medis invasif. Fobia ini berkaitan dengan pingsan.

Ketakutan Paranormal : Beberapa suara fobia seperti milik mereka di saluran chiller di TV kabel. Triskaidekaphobia adalah ketakutan abnormal apapun yang berhubungan dengan angka 13. Jika pikiran hantu membuat Anda terlalu cemas, Anda mungkin memiliki phasmophobia. Dan meskipun fakta bahwa vampir tidak nyata, beberapa orang takut kelelawar. Fobia mereka disebut chiroptophobia.

Emetophobia: Takut Muntah : Emetophobia adalah ketakutan yang tidak wajar dari muntah yang biasanya dimulai sejak awal kehidupan dari beberapa episode traumatis. Misalnya, seseorang mungkin telah menyaksikan teman sekolah muntah di depan umum atau melakukannya sendiri. Kecemasan dapat dipicu oleh pikiran muntah atau memikirkan suatu tempat seperti rumah sakit, di mana muntah adalah umum. Seperti aerophobia, hipnoterapi biasanya digunakan dalam bagian dari pengobatan.

Carcinophobia: Takut Kanker : Orang dengan carcinophobia atau cancerophobia hidup dengan ketakutan irasional terkena kanker. Setiap ketidaknyamanan tubuh menjadi tanda bagi mereka bahwa mereka memiliki pertumbuhan kanker ganas suatu tempat di dalam tubuhnya. Sakit kepala, misalnya, adalah tanda bagi mereka bahwa mereka memiliki tumor otak. Terapi kognitif dapat membantu seseorang dengan carcinophobia mendapatkan kembali kendali atas kehidupan mereka.

Fobia dan Alkohol : Alcoholics bisa sampai 10 kali lebih mungkin untuk menderita fobia daripada mereka yang tidak alkoholik. Dan individu fobia bisa dua kali lebih mungkin untuk kecanduan alkohol sebagai orang-orang yang tidak pernah fobia.

Mengobati Fobia

Meskipun fobia dapat dipengaruhi oleh budaya dan dipicu oleh aktivitas kehidupan, mereka cenderung terjadi dalam keluarga. Anggota keluarga dekat dari orang-orang dengan fobia memiliki tingkat sekitar tiga kali lebih mungkin untuk memiliki fobia daripada mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga.

Desensitisasi adalah proses secara bertahap mengekspos seseorang dengan fobia keadaan yang menyerupai apa yang ia takuti. Seiring waktu, membangun rasa percaya diri dapat membantu mengurangi rasa takut tersebut. Hal ini sering disertai dengan terapi bicara untuk membantu perubahan orang bagaimana ia berpikir dan mengembangkan pola-pola baru dari respon terhadap situasi yang mungkin memicu emosi yang terkait dengan fobia. Kabar baiknya adalah pengobatan membantu 90% dari orang-orang yang mengikutinya.