Cara Membersihkan Penis Pria Agar Tetap Sehat

Liputan 69 - Cara Membersihkan Penis Pria Agar Tetap Sehat - Meski bagiannya tersembunyi, tak berarti perawatannya diabaikan. Anda pun tetap perlu menjaga penis tetap bersih dan sehat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, memberikan perawatan rutin setiap harinya jadi aktivitas yang perlu dilakukan.

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah basuhlah penis dengan air hangat setiap hari ketika Anda mandi. Jika Anda memiliki kulup, cucilah dengan lembut khususnya di bagian bawahnya. Pasalnya, jika Anda tidak mencuci bagian bawah kulup penis dengan benar, smegma pun akan menumpuk, seperti dilansir NHS.

Smegma merupakan pelumas alami yang membuat penis tetap lembap. Ini biasanya ditemukan pada kepala penis dan di bawah kulup.

Jika smegma menumpuk di kulup, maka area tersebut akan menjadi tempat berkembang biak bakteri. Hal ini pun bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada kepala penis Anda.

Patrick French, seorang consultant physician kesehatan seksual mengatakan "Ini benar-benar mengejutkan karena banyak pria tak membersihkan kulup bawah mereka secara teratur sehingga menciptakan aroma buruk serta terganggunya kehigienisan penis."

Sebagai langkah terbaik, Anda pun perlu membersihkannya secara teratur. Ingat, terlalu banyak mencuci dengan sabun dan shower gel dapat menyebabkan nyeri. Cuci lembut penis Anda sehari sekali dengan air hangat sudah cukup menjaga kebersihannya dengan baik. Jika Anda ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun ringan atau yang tidak beraroma wangi untuk mengurangi risiko iritasi kulit.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan pangkal penis dan testis dimana gabungan keringat dan rambut menghasilkan aroma kuat yang tidak sedap. Area ini pun perlu sering dibersihkan untuk menghentikan keringat berkumpul khususnya karena tertutup pakaian sepanjang hari.  Pastikan area antara pangkal testis dan anus juga bersih dan bebas bau tak sedap.