1657408484514812
Loading...

Dinilai Gagal Tangani Kabut Asap, Jokowi Digugat Advocat


Kabut asap akibat kebakaran hutan sudah menipis sejak musim hujan mulai pekan lalu. Namun pemerintah dinilai masih harus bertanggungjawab atas imbas dari bencana itu. Yakni, ribuan orang termasuk anak-anak terkena ISPA usai menghirup asap. Bahkan, sejumlah warga tewas karenanya.

Presiden Jokowi mengunjungi lokasi karhutla
Oleh karena itu sejumlah advocat menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan itu dilayangkan oleh Ricky K Margono, David Surya, Hendro Sismoyo, Lendry S Martio, Hendry A, Pongrekun, dan Christophorus Taufik.                                  
Gugatan dilayangkan pada Kamis lalu. Para penggugat kini sedang menunggu persidangan diagendakan.

Salah satu gugatan mereka yakni meminta PN Jaksel menyatakan Presiden, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Hukum dan HAM, serta Menteri Kesehatan bersalah karena gagal memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat. Yakni menyediakan udara yang layak untuk kesehatan

Selain itu, para advocat juga mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah konkret untuk pencegahan dan penanggulangan bencana kabut asap di Indonesia di masa yang akan datang. Sebab, kejadian seperti ini sudah terjadi berulang-ulang.

Kemudian pemerintah juga mesti membongkar identitas perusahaan asing yang menjadi pelaku pembakaran lahan gambut dan hutan. (okezone.com)





Kabut Asap 7309310999393214345

Posting Komentar

Beranda item

Terkini